Web Server

 Web Server.




Pengertian Web Server.

    Web server adalah serangkaian perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) di dalam sebuah serverDari sisi software, yang berfungsi sebagai medium untuk menerima permintaan berupa halaman web dalam protokol HTTP atau HTTPS browser pengguna, misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan sebagainya.

Sementara dari sisi hardware, web server terhubung ke internet untuk bertukar informasi (data atau file) di antara perangkat lain yang saling terhubung. Data yang dimaksud bisa berupa file HTML, Gambar, File JavaScript, atau stylesheet CSS. Perangkat keras web server juga berfungsi untuk menyimpan software web server.

Cara Kerja Web Server.

  1. User memasukkan permintaan lewat browser.
  2. Browser mendapat alamat IP domain dan mencarinya ke DNS server.
  3. Browser meminta data yang dibutuhkan melalui HTTP/HTTPS.
  4. Web server mencari data yang diminta browser dalam hosting.
  5. Browser kemudian terhubung ke web server dan mengirimkan request file web yang diminta melalui HTTP.
  6. Web server menerima request dan meresponnya dengan mengirimkan file web yang diminta melalui protokol HTTPNamun jika data tidak ketemu, web server akan mengirimkan halaman error.
  7. Browser menampilkan informasi kepada user.

Fungsi Utama dari Web Server.

1. Mentransfer data yang diminta user

fungsi utama web server adalah untuk mentransfer berkas yang diminta pengguna.Biasanya, sebuah laman web terdiri dari berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk, seperti teks, video, gambar, audio, atau dokumen.

2. Membersihkan cache

Fungsi web server lainnya yaitu untuk membersihkan cache yang ada pada penyimpanan dan dokumen yang sudah tidak dipakai lagi pada website.

3. Memeriksa keamanan dari permintaan HTTP

Selain itu, web server berfungsi untuk memeriksa sistem keamanan dari request HTTP yang diminta oleh klien atau web browser. 


Ada beberapa jenis Web Server.


1.APACHE

    Apache adalah Apache adalah web server paling populer yang paling banyak digunakan. Server ini memberikan beberapa pendukung untuk kelangsungan website seperti PHP,SSL, serta akses kontrol.

2. IIS (Internet Information Services)

Internet Information Services (IIS) adalah layanan HTTP yang digunakan dalam Sistem Operasi WindowsSoftware ini didukung oleh beberapa komponen, seperti protokol DNS, TCIP/IP, dan beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat web. Selain itu, IIS juga didukung protokol lain seperti FTP, HTTP, NNTP, SMTP dan SSL.

3. Nginx

Nginx (dibaca ‘engine x’) adalah software dengan sistem open source dan tentunya gratis. Dibandingkan dengan Apache yang sama-sama gratis, Nginx lebih mampu menangani web server dengan traffic tinggi. Kelebihan lainnya Nginx lebih ringan, mempunyai banyak fitur, dan stabil, serta memiliki performa tinggi.

4.Lighttpd

Web server ini berbasis open-source yang berarti gratis dan bebas diguna-kembangkan oleh siapa saja. Lighttpd dibuat dengan tujuan mendukung sistem Linux dan Unix.

Lighttpd dikenal karena kecepatannya, memiliki footprint memori yang kecil, serta menggunakan daya CPU yang lebih sedikit.

Web server ini juga memiliki beberapa keunggulan berdasarkan fitur tambahan yang tersedia, seperti FastCGi, Output-Compression, FastCGi, dan URL Writing.


Kesimpulan.


Web server adalah elemen penting pada website yang berfungsi menerima permintaan HTTP/HTTPS dari klien atau web browser.

Fungsi web server lainnya adalah membersihkan cache dan memeriksa keamanan dari permintaan HTTP. Adapun contoh dari web server seperti Apache, IIS, Nginx, dan Lighttpd.






Refrensi:

https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-web-server 07.42

https://www.dewaweb.com/blog/apache-adalah-web-server-open-source-gratis 07.45




by : Sobahusn_